TUGAS
ILMU SOSIAL DASAR
BISNIS ONLINE DI KALANGAN GENERASI MUDA






Disusun oleh

Nama : YASSIR FATHURRAHMAN
NPM : 17315226


Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan

Universitas Gunadarma

2015

KATA PENGANTAR


      Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi petunjuk dan rahmat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Bisnis Online di Kalangan Generasi Muda” dapat terselesaikan,sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi pembacanya.

     Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Emilianshah Banowo selaku dosen mata kuliah Ilmu Sosial Dasar yang telah memberi semangat dan arahan demi terselesaikannya karya tulis ini, kami dari seluruh pihak yang turut memberikan inspirasi sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
        
     Harapan penulis,semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca sebagai pedoman bagi pelajar yang gemar membaca agar semakin bertambah luas wawasan yang dimiliki,penulis juga menerima kritik dan saran yang membangun untuk mengembangkan Isi dari karya tulis ini.




Depok,15 Oktober 2015














Daftar Isi

Kata Pengantar……………………………………………………1

Bab I Pendahuluan

A.Latar Belakang………………………………………………….3
B.Permasalahan…………………………………………………..4

Bab II Pembahasan

A Pentingnya bisnis di Era Globalisasi.…….........................4
B Hubungan antara teknologi dengan kegiatan bisnis..........6

C Perkembangan bisnis online di Indonesia. ………............8

D Dampak positif dan negatif dari bisnis online.....…...........10

Bab III Penutup

Kesimpulan………………………………………………………...13

Daftar Pustaka……………………………………………………..14




Bab 1
Pendahuluan

A.Latar Belakang

     Seiring dengan perkembangan zaman, manusia harus ikut serta mengiringi perkembangan tersebut.  Perkembangan tersebut mengakibatkan banyak hal yang berubah menjadi maju atau lebih berkembang dengan sangat pesatnya, seperti tentu teknologi, perkembangan zaman mengakibatkan perkembangan teknologi menjadi sangat pesat sekali, berkembang dengan sangat drastisnya.  Tak hanya teknologi yang berkembang pesat oleh karena perkembangan zaman, banyak hal lain juga yang ikut serta berkembang seperti ekonomi, bisnis, sosial, budaya dan lainnya pun ikut berkembang. Perkembangan zaman itupun membuat dunia bisnis menjadi berkembang.

     Perlu kita ketahui di zaman sekarang, bisnis pun menggunakan beberapa media canggih dengan tujuan memperluas jaringan atau menarik keuntungan yang lebih dengan menggunakan media internet, dan lainnya.  Di zaman sekarang ini, banyak bisnisman muda  maupun tua (yang melakukan bisnis ) baik bisnis individu atau kelompok (organisasi) menawarkan produk yang akan mereka jual melalui jaringan internet,Karena dengan internet atau jaringan lainnya di dunia maya para bisnisman dapat dengan mudah mencari konsumen, dan modal yang di keluarkan pun lebih sedikit daripada dunia nyata. Jadi kesimpulannya hidup berbisnis sangat berkaitan erat dengan perkembangan zaman, yaitu perkembangan teknologi, karena sangat pentingnya teknologi bagi kehidupan manusia dan bisnis khususnya. Sangat penting sekali teknologi bagi kehidupan berbisnis, karena banyak juga keuntungannya seperti dengan teknologi yang canggih dunia bisnispun menjadi menarik untuk di pelajari, atau dengan teknologi yang canggih para bisnisman dapat dengan mudah dan dengan luasnya melakukan penawaran baik menawarkan barang ataupun jasa.


     Oleh karena itu sangat pentingnya dunia bisnis bagi generasi muda di zaman serba modern sekarang ini,agar generasi muda mendapatkan banyak pengalaman kedepannya dan diharapkan generasi muda mampu menuangkan kreatifitas serta inovasinya dalam dunia bisnis.


B.Permasalahan

           
      Memulai bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis offline, yang membedakannya hanya cara memasarkan produk mereka saja. Bila pelaku bisnis offline memasarkan produk atau jasa dengan bertemu langsung kepada konsumennya, maka pada bisnis online konsumen bisa membeli sebuah produk melalui jarak jauh tanpa harus bertemu langsung dengan penjualnnya, dibantu dengan koneksi internet.

     Tentu kemudahan konsumen untuk membeli produk dengan bantuan internet, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis dunia maya. Tak heran jika saat ini banyak orang yang tertarik mencoba peruntungan dengan menjalankan bisnis melalui internet. Untuk itu dapat dirumuskan beberapa masalah :
1.Apakah penting bisnis di Era Globalisasi ini?
2.Jelaskan hubungan teknologi dengan kegiatan bisnis?
3.Bagaimana Perkembangan bisnis di Indonesia ?
4.Apa saja dampak positif dan negatif dari bisnis online?



Bab ll
Pembahasan

A. Pentingnya bisnis di Era Globalisasi
 

    
Bisnis merupakan suatu kegiatan yang di lakukan individu atau kelompok ( organisasi ) untuk menawarkan barang dan  jasa kepada masyarakat luas dengan tujuan mencari keuntungan atau pendapatan yang lebih dengan cara transaksi. Maksudnya bahwa individu atau kelompok tersebut menawarkan dan menjual berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  luas dan membuat masyarakat luas tersebut puas dengan apa yang di berikannya itu.  Ada banyak cara agar bisnisman bisa menarik konsumen sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Karena perlu kita ketahui bahwa samakin banyak konsumen yang berminat kepada barang dan jasa yang di tawarkan maka keuntungan yang di dapatkan pun akan lebih banyak lagi. Salah satu cara yang banyak di pakai untuk menarik konsumen ialah pembuatan iklan. Para bisnisman kebanyakan berlomba-lomba mencari konsumennya dengan bisnisman yang lain dengan cara membuat iklan yang sangat menarik. Iklan merupakan media penghubung antara konsumen dan produsennya karena dengan iklan konsumen bisa tau apa-apa yang di tawarkan dan kualitas barang atau jasa tersebut. 
     Di era globalisasi ini segala sesuatunya menggunakan kecanggihan atau teknologi yang tinggi agar tidak ketinggalan zaman dan agar lebih mudah juga di kerjakannya. Di zaman sekarang 70% pekerjaan manusia di lakukan bukan oleh tangan manusia itu sendiri artinya manusia dalam mengerjakan sesuatunya melalui bantuan mesin, atau alat-alat lain yang lebih canggih. Karena perlu kita ketahui juga ada banyak hal yang membuat semua pekerjaan manusia di lakukan oleh mesin atau barang berupa teknologi salah satunya ialah karena perkembangan zaman itu sendiri percuma manusia cape mengerjakan bila pekerjaan tersebut bisa di lakukan oleh mesin atau alat-alat lainnya. Oleh karena itu media atau alat pembantu pada kegiatan berbisnis pun berupa alat-alat canggih juga.

     Era globalisasi adalah zaman atau waktu yang yang semua kegiatan manusia berkaitan dengan teknologi, di zaman ini terjadi banyak perkembangan khususnya di bidang teknologi, seperti contohnya di zaman sekarang ini, dimana kehidupan manusia dan kegiatannya pasti berhubungan dengan teknologi yang canggih dan teknologi itu sebagai alat pembantu yang sangat penting di bidang-bidang manusia itu sendiri. Contoh kecilnya saja di zaman sekarang pedagang bakso yang biasanya berjualan berkeliling antara satu daerah ke daerah lainnya mendorong atau memanggul gerobak baksonya, di zaman sekarang sudah jarang kelihatan lagi. Di zaman sekarang pedagan bakso identik berjualan dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan lainnya. Itulah contoh kecilnya di mana di zaman sekarang ini semuanya serba canggih dan serba ekonomis. Oleh sebab itu semakin bertingkat atau majunya suatu zaman maka tingkat kompetisi pun akan semakin menjulang tinggi, artinya manusia-manusia di era globalisasi ini berlomba menggunakan fasilitas yang ada untuk mencapai berbagai macam tujuannya. Salah satunya ialah kompetisi dalam bidang bisnis. Bisnis merupakan suatu hal yang banyak di minati masyarakat luas karena melihat banyaknya keuntungan dan mudahnya bekerja karena faktor fasilitas yang canggih tadi. Banyak sekali peminat mendadak terjun dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan  bisnis.


B.Hubungan antara teknologi dengan kegiatan bisnis

     Teknologi adalah pengembangan dan penggunaan dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Akan tetapi, penemuan yang sangat lama seperti roda dapat disebut teknologi. Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat. Karena teknologi di dunia ini ada banyak sekali maka penerapannya kemudian dibagi-bagi lagi kedalam cabang-cabang teknologi yang sudah banyak diterapkan pada masa kini seperti diantaranya teknologi komunikasi, teknologi nuklir, teknologi komputer, bioteknologi, teknologi kedokteran dan masih banyak lagi teknologi-teknologi yang lainnya. Karena tekhnologi itu ialah suatu kata yang umum dan didalamnya terdapat berbagai macam cabang. Di kaitkan dengan teknologi yang sifatnya umum tersebut kegiatan bisnis sangat erat hubungannya. Semua teknologi pasti di butuhkan dalam kegiatan berbisnis sangat lah penting teknologi bagi kegiatan berbisnis tersebut karena lebih cepat, lebih aman, dan lebih mudah melakukan berbagai transaksinya. Bisnis memerlukan teknologi-teknologi yang canggih, yang dapat membantu semua kegiatan antara konsumen dan produsennya. Kebanyakan kegiatan bisnis memerlukan suatu teknologi yang tinggi untuk membantu karena dengan tekhnologi tersebut secara otomatis proses demi prosesnya di lakukan dengan cepat dan tidak memakan waktu yang lama.

      Sebagaimana disadari, perekonomian global telah mengalami perubahan radikal dalam dua dasawarsa terakhir ini. Ekonomi dunia secara keseluruhan sedang mengalami perubahan pesat dengan adanya faktor-faktor yang mendasarinya.

    Faktor pertama globalisasi ialah pertumbuhan perdagangan global dan persaingan internasional yang eksplosif berdampak pada tidak adanya negara yang dapat tetap terisolasi dari perekonomian dunia saat ini. Jika suatu negara tetap berupaya menutup pasarnya dari persaingan asing, maka penduduknya akan membayar lebih mahal untuk barang domestik berkualitas rendah karena keterbatasan alternatif. Tapi, jika membuka pasarnya negara bersangkutan akan menghadapi persaingan ketat yang mau tidak mau memacu usaha domestiknya agar dikelola secara efisien dan efektif.
  
     Faktor kedua, adalah perubahan dan kemajuan teknologi yang sedemikian pesatnya. Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa sekarang ini penduduk dunia berada dalam tahap ‘post industrialization’ dengan perkembangan teknologi yang sangant dramatik. Apa yang dikatakan sebagai penemuan baru dalam 2 atau 3 tahun yang lalu, sekarang mungkin dianggap ketinggalan zaman. Perkembangan internet dan bisnis yang menyertainya dalam beberapa tahun ini juga makin terasa dampaknya dalam aktivitas masyarakat keseharian. Kemudahan komunikasi yang disajikan memungkinkan perolehan informasi seketika. Dekade ini menyajikan kemajuan luar biasa dalam ketersediaan informasi, kecepatan komunikasi, bahan-bahan baru, kemajuan biogenetika, obat-obatan, serta keajaiban elektronika. Kemajuan teknologi komputasi, telepon, dan televisi telah memberikan dampak besar terhadap cara perusahaan menghasilkan dan memasarkan produk mereka. Karena teknologi telah memberikan makanan, pakaian, perumahan, kendaraan, dan hiburan baru yang lebih bervariasi. Jarak geografis dan budaya telah menyempit dengan munculnya pesawat udara, mesin faks, sambungan telepon, dan komputer global serta siaran televisi satelit. Kemajuan-kemajuan ini memaksa perusahaan untuk mengerti bahwa hakikat pasar tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu.
 
    Sebenarnya bukan hanya kegiatan bisnis saja yang membutuhkan jasa teknologi yang canggih untuk mempermudah semua kegiatannya. Semua kegiatan manusia di bantu oleh teknologi yang tinggi, baik kita sadari maupun tidak kita sadari. Maksudnya terkadang kita tidak sadar bahwa apa yang di pakai atau apa yang di lakukan oleh kita itu terbuat karena adanya teknologi yang tinggi tetapi karena sampai terbiasanya jadi tidak terasa oleh kita bahwa itu semua adalah terbuat karena adanya teknologi yang tinggi. Oleh karena itu,di zaman sekarang sumber daya manusia (SDM ) yang di butuhkan harus selalu berpendidikan tinggi dan mempunyai skill yang tinggi juga karena di era globalisasi ini tingkat kompetisinya pun tinggi. Dengan alasan-alasan itulah manusia di zaman sekarang harus mempunyai semangat untuk mencari ilmu dan pendidikannya pun harus tinggi.

      Globalisasi dan teknologi telah mendorong seleksi alamiah yang mengarah pada ‘yang terkuat yang bertahan’. Keberhasilan pasar akan didapat oleh perusahaan yang mampu menyesuaikan diri dengan persyaratan lingkungan saat ini, yaitu mereka yang mampu memberikan apa yang siap dibeli orang. Baik individu, bisnis, kota bahkan seluruh negara harus menemukan cara menghasilkan nilai yang dapat dipasarkan (marketable value) yaitu barang dan jasa yang menarik minat beli. Sebagai dampak globalisasi dan perubahan teknologi, situasi pasar saat ini didorong kearah keadaan yang berbeda jauh sekali dibandingkan situasi pasat sebelumnya. Perubahan-perubahan tersebut tampak pada berbagai fenomena, antara lain: 

- Kekuasaan saat ini sudah beralih ke tangan konsumen.
- Skala produksi yang besar tidak lagi merupakan keharusan.
- Batasan-batasan negara dan wilayah tidak lagi menjadi kendala.
- Teknologi dengan cepat dapat dikuasai dan ditiru.
- Setiap saat akan muncul pesaing-pesaing dengan biaya yang lebih murah.
- Meningkatnya kepekaan konsumen terhadap harga dan nilai.

     Situasi dan kondisi demikian memotivasi pelaku bisnis agar senantiasa mampu mengantisipasi pasar secara berkesinambungan dan memberikan dorongan agar mempunyai keinginan untuk belajar dan belajar. Untuk itulah, agar dapat bertahan mereka perlu menganalisis pasar, mengenali peluang, memformulasikan strategi pemasaran, mengembangkan taktik dan tindakan spesifik, serta menyusun anggaran pelaporan kinerja. Perusahaan harus mampu memberikan apa yang diharapkan pelanggan dan menepati janji-janjinya secara konsisten. Dengan demikian, perencanaan bisnis yang benar-benar matang sangant diperlukan, sehingga bisnis dapat tumbuh berkembang dan mampu menghasilkan laba sebagaimana diharapkan. Perencanaan bisnis yang baik harus dapat secara jelas menggambarkan karakteristik bisnis yang sedang atau akan dilaksanakan sehingga pihak-pihak yang tertarik dapat melihat secara transparan dan mengerti dengan jelas prospek perkembangannya dimasa yang akan datang. Perencanaan bisnis yang baik harus memuat asumsi-asumsi serta alasan yang dipergunakan sebagai dasar perhitungan, seperti dasar perhitungan besarnya permintaan dan proyeksi penjualan, perhitungan harga pokok penjualan, strategi-strategi yang akan dilakukan, serta berbagai strategi manajemen untuk pengembangan bisnis.

C. Perkembangan Bisnis Online di Indonesia


     Seiring Dengan Kemajuan IT di Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan Website Meningkat tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu Kekuatan Brand Bagi dunia usaha. Website Dapat Meningkatkan Nilai Penjualan dan Promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet di Indonesia.

     Internet pada masa sekarang ini sudah merupakan kebutuhan pokok, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi, berbelanja online, online banking, online marketing, online affiliate, sosialisasi online, kuliah online, online advertising dll. Sebagai contoh situs online banking yang sedang naik daun adalah www.paypal.com sedang situs online shopping dan online marketplaces adalah www.ebay.com dan www.amazon.com yang menjual barang dari mulai barang pecah belah sampai mobil mewah. Tentu saja kemajuan yang begitu pesat yang semakin mewujudkan dunia tanpa batas ini sudah tercium oleh masyarakat Indonesia, banyak perusahaan berskala besar, menengah dan kecil yang ikut membangun kekuatan brand di dunia online. Promosi produk secara online memang menjadi pilihan tepat saat ini disamping biaya yang relatif murah juga karena pentingnya sosilaisasi produk untuk skala global.

     Bisa dikatakan dalam dekade terakhir perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat, perkembangannya meliputi berbagai macam bidang usaha, tidak hanya yang disebutkan diatas tetapi juga bidang usaha lainnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali situs yang sudah mulai go Internasional dan mempunyai jutaan member dan ribuan visitor setiap harinya. berbagai situs tersebut ada yang murni Online business ada yang semi online atau bisnis offline hanya saja menggunakan pemasaran online. Dengan kata lain Bisnis online di Indonesia sudah dikenal dan diperhitungkan di dunia Internasional. selain itu juga jumlah pemakai internet Indonesia yang besar menjadikan Indonesia Sebagai Pasar yang potensial untuk Bisnis online dari berbagai negara di seluruh dunia. bukti dominasi Indonesia juga ditunjukkan dengan banyaknya pengguna Indonesia dalam berbagai situs jejaring sosial seperti www.facebook.com , www.friensdster.com dan www.twitter.com. Hal inilah yang menjadikan nilai tambah Negara Indonesia dipandang dari segi Bisnis Online terutama perkembangan pesat yang terjadi 10 tahun terakhir 2000 s/d 2010.

      Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 ini telah di launching situs komunitas bisnis online yang bagus yang beralamat di
www.frigz.com . Frigz sebagai Komunitas Bisnis Indonesia Online diharapkan akan menjadi Komunitas bisnis online terbesar di Indonesia yang akan mewadahi komunitas bisnis online yang selama ini belum terwadahi. semoga juga Frigz dapat mewujudkan mottonya menjadi Komunitas Bisnis Indonesia Online



D.Dampak positif dan negatif dari bisnis online

     Perkembangan bisnis online saat ini sudah berkembang dengan pesat. Ada berbagai macam  bisnis yang bisa anda temui melalui media internet. Bisnis online ini sangat memudahkan anda dalam bertransaksi dan bisa mendapatkan barang berkualitas dengan barang murah, asalkan jeli dalam memilih produk. Namun di balik kemudahan melakukan bisnis online ternyata ada efek positif dan negatif yang ditimbulkan, berikut ini ada beberapa efek positif dan negatif dari bisnis online yaitu:
    a. Dampak Positif

1.Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar.

     Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan Internet sukses meningkatkan penjualan via internet

     2.Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline.

      Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen

     3.Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline.

     Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline

     4.Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi.

    Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan,  juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan

     5.Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas

     Bahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima sistem

     6.Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen,

     Dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.
  
   b.Dampak Negatif

     1. Dehidrasi
  
     Kita bisa dehidrasi karena terlalu lama berada di depan komputer atau laptop,jadi silahkan siapkan air putih dan banyak2 minum air putih saat bekerja di depan komputer.

     2. Mata menjadi lelah

    Mata kita juga akan lelah apabila tidak disegarkan sesekali dengan memandang ke luar rumah ( Memandangi benda-benda yang berada jauh dari pandangan,merupakan cara untuk menyegarkan mata dan fikiran )
 
     3. Lupa Waktu

    Karena Bisnis online sangatlah banyak sekali,kamu akan menemukan begitu banyak peluang-peluang yang menggoda saat menjalankan bisnis online kamu.jadi,jangan mudah tergoda dan kuatkan ketetapan hati untuk mengerjakan bisnis online secara teratur.Jangan tinggalkan aktivitas nyata,pandai pandai lah mengatur waktu nya.

      4. Stress

Karena Persaingan yang ketat,Dampak positif dari online shop yaitu banyaknya orang yang mencoba bisnis ini, ternyata juga dapat berubah menjadi kendala. Semakin banyak online shop yang tersedia, tentu semakin mempersempit pasar target. Ketatnya persaingan dapat menjadi kendala besar bagi para pebisnis online shop, khususnya para pebisnis yang kurang serius menjalaninya.
Solusi yang dapat dilakukan, antara lain adalah bersaing melalui harga apabila produk yang dijual ternyata memiliki kesamaan segmen dengan beberapa online shop lainnya. Contoh umumnya jika produk yang dijual adalah baju, tas, atau sepatu. Maka bisa dilakukan cara dengan memasang harga yang sedikit lebih rendah, atau harga sedikit tinggi dengan kualitas yang jauh lebih baik.
       
       5. Hati-hati dengan bisnis online yang membutuhkan investasi

     Merupakan bisnis online yang mengharuskan membernya membayar sejumlah uang dan menjanjikan uang kita akan kembali kepada kita dengan jumlah yang lebih,memang tidak seluruhnya penipuan,namun berhati hati lah.
 Tentu akan sangat kecewa,bila kamu sudah menginvestasikan / membayar sejumlah uang,namun setelah itu uang kamu tidak kembali bahkan situsnya sudah tidak bisa di akses lagi.
Berbicara tentang investasi,saya lebih memilih investasi ke anak yatim atau kepada orang yang tidak mampu,dengan membantu mereka,kita juga akan dibantu oleh sang pencipta dalam kemudahan berusaha.








Bab lll
                                         Penutup


Kesimpulan


     Bisnis merupakan suatu kegiatan yang di lakukan individu atau kelompok ( organisasi ) untuk menawarkan barang dan  jasa kepada masyarakat luas dengan tujuan mencari keuntungan atau pendapatan yang lebih dengan cara transaksi. Era globalisasi adalah zaman atau waktu yang yang semua kegiatan manusia berkaitan dengan teknologi. Di era globalisasi ini segala sesuatunya menggunakan kecanggihan atau teknologi yang tinggi agar tidak ketinggalan zaman. Dan agar lebih mudah juga di kerjakannya. Jadi di era globalisasi ini kita di tuntut untuk bisa belajar berbisnis melalui sistem informasi yang di era globalisasi ini sistem informasi tersebut sangat di butuhkan untuk melancarkan, mempermudah dan mempercapat semua proses kegiatannya. Di era globalisasi sekarang ini pun untuk menyeimbangkan perkembangan zaman yang makin berkembang dengan pesatnya manusia di tuntut untuk belajar dan belajar. Jadi dapat di simpilkan bahwa kita belajar bisnis agar bisa menyeimbangkan suatu perkembangan zaman,  dimana di zaman tersebut (era globalisasi) di wajibkan untuk mengetahui berbagai macam kegiatan manusia termasuk kegiatan bisnis.














Daftar pustaka