Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat banyak dan unik,tak hayal tanaman yang bukan asli dari negara indonesia mempu tumbuh di negara tersebut karena tanahnya sangat cocok ditanami tumbuh-tumbuhan baik tumbuhan asli indonesia maupun luar negeri,seperti halnya tanaman terung belanda dan pegagan asli asia tenggara  walau banyak sebagian orang yang tidak mengetahui tanaman ini tetapi ternyata tanaman ini mempunyai kandungan nutrisi  yang luar biasa dan bermanfaat untuk tubuh manusia.

Tanaman ini sudah lama dikembangkan di negara indonesia walau sejarahnya yang membawa salah satu tanaman tersebut ke negara indonesia bukan orang indonesia melainkan orang asing ,iklim tropis ternyata sangat cocok terhadap kedua tanaman tersebut.Dan yang pertama dibahas ialah terung belanda :





Terung belanda atau terong belanda (Solanum betaceum) adalah jenis tanaman anggota keluarga terung-terungan (Solanaceae) yang mulai di kembangkan di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941. Di Indonesia terung ini mungkin pertama kali dibawa dan dikembangkan di Indonesia oleh orang Belanda pada waktu itu sehingga dikenal dengan nama terung belanda, walaupun namanya terung belanda bukan berarti tanaman ini berasal dari belanda akan tetapi buah tersebut berasal dari daerah Amazon di Amerika Latin.

Persebaran

Tumbuh baik di pegunungan/dataran tinggi pada ketinggian 1000 mdpl. Di Jawa Barat dahulu dapat ditemui sedari 450-1700 mdpl. Menghendaki tanah yang kaya akan hara, drainase yang baik, dan tanah yang lembab dan dingin.Ada dua jenis terung belanda, yakni yang berbuah merah, dan kuning. Yang sering ditanam orang adalah yang buahnya berwarna merah

Morfologi

 

1.Terung belanda memiliki ciri-ciri bau seperti lembu kutub,

2.panjang tangkai daunnya mencapai 7–10 cm.

3.Bunga terung belanda berada dalam rangkaian kecil di ketiak daun, dekat ujung cabang, berwarna merah jambu sampai biru muda, harum, berdiameter kira-kira 1 cm.
 
4. Ciri lain dari tanaman terung belanda juga dapat dilihat dari bagian-bagian bunga yang berbilangan lima, daun mahkota berbentuk genta, bercuping lima, benang sari 5 utas, berada di depan daun mahkota, kepala sari tersembunyi dalam runjung yang bertentangan dengan putik, bakal buah beruang dua, dengan banyak bakal biji, dan kepala putik yang kecil.

5.Buah terung belanda berbentuk bulat telur sungsang atau bulat telur, berukuran 3–10 cm x 3–5 cm, meruncing ke dua ujungnya, bergelantungan, bertangkai panjang, daun kelopaknya tidak rontok.

 6.Kulit buah tipis, licin, berwarna lembayung kemerah-merahan, merah jingga sampai kekuning-kuningan, daging buahnya mengandung banyak sari buah, agak asam, berwarna kehitam-hitaman sampai kekuningkuningan.

7.Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras.

Manfaat

Buah terung belanda ini mempunyai segudang manfaat yang berguna bagi tubuh manusia dan terung belanda ini dapat dimanfaatkan dengan cara dimakan sebagai buah segar, untuk bumbu masak, sayuran dan minuman. Buah terong ini dapat dimakan segar, direbus, dibuat asinan, dan lain sebagainya.

akan tetapi,buah terong belanda sangat cocok dijadikan sirup ataupun jus rasanya yang asam mampu menyegarkan tubuh.bahkan terung belanda ini mempunyai kandungan vitamin c yang sangat tinggi tidak kalah kandungannya dengan buah jeruk atau buah strawberry adapun manfaat lain dari terung belanda yaitu :

1.     Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh
2.     Mencegah penyakit kanker dan jantung karena terkandung lycopene yang mampu menetralisir radikal bebas
3.     Memperbaiki sel DNA yang rusak
4.     Sebagai antioksidan
5.     Menjaga kesehatan mata karena mengandung provitamin A yang tinggi
6.     Menyembuhkan sariawan
7.     Meredakan panas dalam
8.     Menjaga dan melancarkan proses pencernaan
9.     Mengobati penyakit maag
10. Mencegah anemia
11. Membantu pertumbuhan tulang karena memiliki mineral yang sangat tinggi
12.Mencegah penuaan dini
tak kalah dengan terung belanda,pegagan pun mempunyai segudang manfaat yang terpendam dan belum banyak orang yang mengetahui manfaat tanaman tersebut.


Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan.

Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit (misalnya keloid), gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan dan dapat dibuat jus.

Nama Lokal

Pegagan tumbuh baik di Indonesia dan tiap daerah mempunyai namanya masing-masing diantaranya  Peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak(sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (jawa), piduh (bali), bebele (lombok), sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis) dan bukan itu saja di luar negeri ia mempunyai nama yang berbeda lagi diantaranya  buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (Sinhala), vallarei (Tamil), ji xue cao (Hanzi), Pigago (Minang) daun tapak kudo (solok)

Morfologi



1. Tanaman pegagan merupakan herba menahun, tidak berbatang dengan rimpang pendek menjalar, panjang stolon bisa mencapai 2,5m . Permukaan stolon licin berwarna hijau tua dan berbentuk bulat .

2.Bentuk akar tunggal bercabang-cabang dan akar serabut

3.Daun berbentuk tunggal dengan 2-10 daun, bentuk daun seperti ginjal(reniformis), ukuran daun sekitar 2-5 cm x 3-7 cm, tangkai daun tegak dan sangat panjang dengan ukuran 1-7 cm dan kadang berambut

4.pegagan asal Indonesia memiliki bentuk daun yang tidak bundar penuh, bagian pangkal daun terbelah membentuk sudut yang lancip, permukaan daunnya sedikit lebih kasar dengan urat daun yang jelas,

5.sedangkan daun pegagan Malaysia memiliki bentuk yang lebih bundar dan permukaannya halus permukaan atas dan bawah licin, berdaun tunggal, menjari,ujung bundar, pangkal terbelah lancip, tepi bergigi berbentuk bulat, warna daun atas dan bawah hijau.

Kandungan 

Pegagan yang simplisianya dikenal dengan sebutan Centella Herba memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit

Pengolahan

Kebanyakan pegagan dikonsumsi segar untuk lalapan, tetapi ada yang dikeringkan untuk dijadikan teh, diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat, maupun body lotion.

Sifat dan Manfaat

Pegagan berasa manis, bersifat mendinginkan, Berbagai penelitian ilmiah tentang khasiat pegagan Bagian tanaman pegagan yang berkhasiat obat adalah daun, akar dan batang. Tanaman pegagan berguna untuk :

1.efek anti neoplastik
2.efek pelindung
3.tukak lambung
4.menurunkan tekanan dinding pembuluh
5.mempercepat penyembuhan luka
6.analgesik
7.anti inflamasi
8.hepatoprotektor
9.peningkatan kecerdasan
10.antisporasis
11. anti agregasi platelet dan anti trombosis(BadanPOM,2007)
12.mengobati lepra
13. gangguan perut dan rematik
14.kusta
15.anti septik
16.meningkatkan daya ingat
17.untuk meningkatkan ketahanan daya tubuh
18.anti stress ringan
19.menstimulasi pertumbuhan kuku dan akar rambut
20.menyembuhkan penyakit kolera
21.batuk bronchitis
22.menyembuhkan asma
23.gangguan ginjal
24.Tanaman ini juga memiliki potensi sebagai sumber bahan pengobatan terhadap anti penyakit yang disebabkan tujuh jenis bakteri Rhizobacter spharoides, Escherichia coli, Plasmodium vulgaris, Micrococcus luteus, Baccillus subtilis, Entero aerogenes dan Staphyllococcus aureus
25.membersihkan darah
26.melancarkan peredaran darah
27.peluruh kencing (diuretika)
28.penurun panas (antipiretika)
29.menghentikan pendarahan (haemostatika)
30.meningkatkan syaraf memori
31.anti bakteri
32.Tonik
33.antispasma
34.hipotensif
35.insektisida
36.antialergi dan stimulan
37.Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid)
38.Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat
39.meningkatkan mental dan stamina tubuh

Banyak sekali manfaat dari terung belanda dan pegagan yang berguna bagi tubuh manusia baik itu sebagai sumber nutrisi maupun sebagai obat yang ampuh bagi berbagai macam penyakit asalkan kita pandai untuk mengolahnya.sebenarnya masih banyak lagi tanaman yang bermanfaat dan belum diketahui orang ,Indonesia adalah negara yang kaya akan ragam hayatinya dan perlunya para peneliti tanaman untuk mengenalkan berbagai macam tanaman yang belum diketahui masyarakat dan sangat perlu sekali mengembangkannya tanaman-tanaman tersebut ke daerah-daerah yang tanahnya berpotensi dengan baik sekaligus  sebagai pembuka lapangan kerja yang baru. 

Sumber :