Ekonomi Teknik
ekonomi teknik berurusan dengan evaluasi sistematis, terhadap manfaat dan biaya dari proyek-proyek yang melibatkan rancangan dan analisis keteknikan. Dengan kata lain, ekonomi teknik mengkuantifikasi manfaat-manfaat dan biaya-biaya sehubungan dengan suatu proyek keteknikan untuk menentukan apakan proyek – proyek ini menghasilkan (atau menghemat) cukup banyak uang untuk membenarkan investasi modal. Jadi ekonomi teknik melibatkan analisis-analisis teknis, yang menitik beratkan pada aspek- aspek ekonomi dan bertujuan membantu pengambilan keputusan. Berbagai Masalah (A SEA PROBLEMS) Pandangan yang cermat terhadap dunia di sekitar kita dengan jelas menunjukkan bahwa kita dikelilingi oleh berbagai masalah. Sepertinya tidak ada cara yang tepat untuk mengklasifikasikan mereka, hanya karena hal itu sangat beragam dalam kompleksitas dan "kepribadian." Satu pendekatan adalah mengaturnya masalah dengan kesulitan mereka. Sehingga mudah dalam menyelesaikan masalah dengan menganalisis sesuai tingkatannnya.
Masalah sederhana
Pada tingkat kerumitan termudah klasifikasi masalah ini adalah situasi sederhana
1.  Harus membayar cash atau kartu kredit ?
2.  Harus bayar parkir tiap semester atau harian ?
3.  Apakah harus ganti motor baru ?
4.  Jika kita perlu 10 kg beras seminggu. Berapa yang harus kg yang harus dibeli setiap kali belanja ?
     Pada masalah sederhana contohnya dapat kita lihat pada nomor 2, seperti yang kita ketahui ada beberapa kampus yang sudah menerapkan sistem parkir per semester. Jika parkir harian kita harus membayar 2.000 rupiah/hari sedangkan parkir per semester hanya 300.000 rupiah/semester, Dalam hal ini kita harus cermat karena jika dihitung kita dapat berhemat sebesar 60.000 rupiah jika kita menerapkan parkir per semester.
Masalah menengah
Pada tingkat kerumitan menengah, kita menemukan masalah yang terutama bersifat ekonomi
1.  Harus beli atau sewa mobil ?
2.  Peralatan yang mana yang akan digunakan untuk pekerjaan A ?
3.  Material yang mana yang akan digunakan sebagai atap, dinding, struktur untuk bangunan baru ?
4.  Alat Percetakan yang mana yang harus dibeli, alat yang murah dengan 2 operator atau alat yang lebih mahal dengan 1 operator ?
     Pada masalah menengah contohnya dapat kita lihat pada nomor 4, Jika kita dapat cermati dengan baik masalah menengah perlu beberapa pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan. Alat percetakan dengan alat murah harus menggunakan 2 operator dan alat lebih mahal hanya menggunakan 1 operator. hal ini mempunyai kerugian dan keuntungan masing-masing, alat murah memiliki keuntungan dari segi harga dan dapat membuka lapangan pekerjaan. Sedangkan alat lebih mahal mempunyai keuntungan sangat banyak diantaranya dalam pengerjaannya efisien karena dapat menghemat waktu serta tidak perlu membayar gaji terlalu besar untuk operator. Dalam hal ini perlunya menganalisis dengan baik untuk melihat jangka panjang maka disarankan untuk membeli alat baru karena dari segi perawatan tidak memakan biaya terlalu banyak dan pencarian suku cadang sangat mudah jika terjadi kerusakan.
Masalah kompleks
1.  Pembangunan pembangkit listrik tenaga geothermal dibangun disumber panas bumi yang terletak di sebagian tanah adat dan sebagian lagi tanah pemerintah ?
2.  Pembangunan jembatan suramadu dibiayai APBN ataukah konsorsium dengan Negara Lain ?
3.  Anggaran tahunan sebuah perusahaan merupakan alokasi sumber daya, tetapi proses pembuatan anggaran dipengaruhi oleh tekanan nonekonomi ?
     Pada masalah kompleks contohnya dapat kita lihat pada nomor 1, masalah ini bukan hanya dibutuhkan satu orang untuk berpikir akan tetapi pihak terkait pun harus mengambil keputusan seperti halnya ketua adat dengan bumn dalam membangun pembangkit listrik tenaga geothermal. Karena bahwasannya tanah adat adalah hak suatu suku untuk menjaganya karena kepercayaan roh leluhur dan jika itu dirusak mungkin akan terganggunya kehidupan suku di wilayah tersebut. Namun dalam pandangan bumn mungkin sudah meneliti tempat tersebut dapat menjadi sumber daya alam yang sangat berguna untuk dimasa yang akan datang. Dalam hal ini perlunya komunikasi atau melakukan perjanjian sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.
 
                                                   Peran Analisis Ekonomi Teknik
                          (THE ROLE OF ENGINEERING ECONOMIC ANALYSIS)
Analisis ekonomi teknik paling cocok untuk masalah menengah dan ekonomi dengan aspek masalah yang rumit. Kriterianya antara lain :

1.  Masalahnya cukup penting untuk membutuhkan pemikiran dan usaha yang serius.
2.  Masalahnya tidak dapat dikerjakan hanya dengan pemikiran  satu orang  yaitu, analisis yang cermat membutuhkan lebih dari satu orang dalam mengatur masalah dan semua berbagai konsekuensi, dan masalah ini terlalu banyak jika harus dilakukan sekaligus, dalam hal ini diperlukan analisis dalam pengambilan keputusan agar masalah dapat diselasaikan dengan tepat sehingga tidak muncul masalah rumit yang baru.
3.  Masalah memiliki aspek ekonomi yang penting dalam mencapai suatu keputusan.

Ketika masalah memenuhi ketiga kriteria ini, teknik analysisis ekonomi yang tepat teknik untuk mencari solusi. Karena banyak sekali masalah yang akan dihadapi seseorang dalam dunia bisnis (dan dalam kehidupan pribadi seseorang) memenuhi kriteria ini. oleh karena, itu rekayasa ekonomi analisis sering diperlukan.