Studi Respon Seismik Penggunaan Steel Slit Damper (SSD) pada Portal Baja 



Salam sejahtera bagi kita semua, sebelum kita membahas penggunaan Steel Slit Damper pada Portal Baja sebelumnya kita harus mengetahui garis besar yang disebabkan oleh gempa :

"ketika gelombang yang timbul akibat pergerakan lempeng (gempa bumi) mencapai permukaan bumi, getarannya bisa merusak atau tidak tergantung pada kekuatan sumber dan jarak fokus, mutu tanah dimana bangunan berdiri, serta mutu bangunan"

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan teknologi kontrol pada struktur. Kontrol pada struktur dibagi menjadi dua jenis berdasarkan perlu tidaknya energi untuk menghasilkan gaya kontrol, yaitu kontrol aktif dan kontrol pasif. 

Kontrol aktif memerlukan arus listrik untuk operasi alat dan menghasilkan gaya kontrol, Sedangkan kontrol pasif menggunakan energi potensial yang dibangkit kan oleh respon struktur untuk menghasilkan gaya kontrol. 

Salah satu alat kontrol pasif pada struktur yang berdasarkan penggunaan material bercelah untuk mengurangi getas adalah Steel Slit Damper (Peredam Celah). Steel Slit Damper (SSD) adalah salah satu jenis peredam yang dibuat dari sejumlah pelat baja lunak berbentuk segi-4 yang dimodelkan sebagai pegas-pegas yang disusun secara seri. Energi akibat gempa disalurkan melalui strip-strip damper yang mudah meleleh ketika perangkat mengalami deformasi inelastis siklik. SSD mendisipasi energi melalui pembentukan sendi plastis atau pelelehan pelat damper.  


Adapun dilakukan dalam hal ini antara portal baja dengan portal Steel Silt Damper, portal inverted-V dan portal Konvensional.




Hasil analisa menunjukan bahwa gaya geser, normal dan momen yang dihasilkan dengan portal SSD lebih kecil dibandingkan dengan portal konvensional namun masih lebih besar dari portal inverted-V.
bukan hanya itu SSD dapat memperkecil simpangan dan juga memiliki daktilitas lebih tinggi dibandingkan portal inverted-V dan portal Konvensional tentu saja metode ini mempunyai kelebihan yang sangat signifikan untuk mengurangi dampak dari beban gempa.

Untuk mengetahui videonya :



Yassir Fathurrahman
17315226/4TA02
Dosen pengajar : I Kadek Bagus Wadana Putra

Sumber   : https://media.neliti.com/media/publications/142174-ID-studi-respon-seismik-penggunaan-steel-sl.pdf

Kunjungi